Apa Yang Dimaksud RISC (Reduced Instruction Set Computing)

Reduced Instruction Set Computing, atau RISC, adalah desain Central Processing Unit alias CPU strategis yang didasarkan pada wawasan yang disederhanakan (tidak kompleks/serumit CPU untuk personal computer). Walaupun instruction set CPU ini telah disederhanakan, namun instruksi tersebut dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi apabila penyederhanaan ini memungkinkan eksekusi perintah yang jauh lebih cepat. Sebuah komputer yang didasarkan pada strategi ini biasanya adalah komputer tablet atau gadget yang lebih kecil dari personal komputer atau laptop.

Ada banyak usulan definisi yang tepat, tetapi istilah ini perlahan terjawab oleh arsitektur load-store yang lebih deskriptif. Pohon keluarga dari CPU jenis RISC ini antara lain termasuk seri DEC Alpha, AMD 29K, ARC, ARM, Atmel AVR, Blackfin, MIPS, PA-RISC, Power (termasuk PowerPC), SuperH, dan SPARC.

Instruction set berbasis RISC hasil rancangan ARM dan MIPS adalah yang paling banyak digunakan pada komputer tablet masa kini. Teknologi RISC rancangan ARM Holdings Company sendiri sudah ada sejak tahun 1968.

John Hennessy, seseorang yang turut merancang MIPS, meninggalkan bangku kuliah di universitas Stanford (untuk sementara) demi mengkomersilkan desain MIPS, memulai perusahaan yang dikenal sebagai MIPS Computer System. Desain pertama mereka adalah generasi kedua MIPS chip yang dikenal dengan nama "R2000". Desain MIPS kemudian menjadi salah satu chip RISC yang paling sering digunakan ketika mereka dipakai sebagai CPU pada konsol game PlayStation dan Nintendo 64. Hingga hari ini, MIPS rancangan MIPS Computer System adalah salah satu prosesor paling umum di gunakan untuk aplikasi high-end pada konsol game dan gadget.

Dari Inggris, upaya penelitian serupa menghasilkan transputer INMOS, Acorn Archimedes dan garis Advanced RISC Machine atau yang biasa disingkat ARM, yang merupakan processor ber-arsitektur RISC tersukses pada saat ini. Kebanyakan pemain ponsel dan MP3 menggunakan prosesor ARM.

Perusahaan dengan desain CISC ada juga cepat bergabung revolusi. Intel merilis i860 dan I960 dengan akhir 1980-an, meskipun mereka tidak terlalu sukses. Motorola membangun sebuah desain baru yang disebut 88000 dalam penghormatan kepada mereka CISC terkenal 68000, tetapi melihat penggunaan hampir tidak ada, produk ini dapat dibilang GAGAL. Perusahaan ini sendiri akhirnya meninggalkannya dan bergabung dengan IBM untuk menghasilkan PowerPC. AMD merilis 29000 yang sempat menjadi desain RISC paling populer pada awal 1990-an.

Hingga saat ini, sebagian besar dari semua CPU 32-bit (x86 architecture) yang digunakan di dunia adalah processor berbasis RISC CPU. x86 alias 32-bit juga menjadi arsitektur chip paling dominan digunakan di dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Olive Pad VT200 © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers